BeritaDownload FileGalleryProdukWacana

KALENDER HIJRIAH GLOBAL (Kado Tahun Baru 1442 H)

Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar tahun 2015 mengamanatkan upaya penyatuan kalender hijriah secara global. Setelah melalui berbagai seminar, penelitian, kajian dan diskusi, akhirnya Majelis Tarjih dan Tajdid berhasil menyusun Kalender Hijriah Global 1442 H Muhammadiyah menggunakan Kriteria Istambul. Kalender ini baru sebuah usulan, belum diterapkan menjadi kalender resmi Muhammadiyah. Kalender yang berlaku masih kalender Hijriah berdasarkan kriteria hisab hakiki wujudul hilal.

Sedianya, kalender ini direncanakan menjadi Kado Muktamar ke-48. Namun karena Muktamar ditunda, maka cukuplah kalender ini menjadi Kado Tahun Baru Hijriah 1442 untuk Muhammadiyah khususnya dan untuk umat Islam umumnya.

Selamat Tahun Baru. Selamat mengunduh Kalender Baru.

Related Articles

3 Comments

    1. Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
      Saya Ahmad Danun, pemerhati ilmu hisab/falak, bagaimana caranya kalau saya mau minta penjelasan mengenai beberapa rincian yang tertulis kalender Islam global itu ?
      Kepada siapa dlsb.?
      Wassalam ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Saya Amalia Safitri mahasiswi prodi Ilmu Falak UIN Walisongo, ingin bertanya bagaimana caranya jika saya ingin meminta mengenai penjelasan kalender islam global tsb. Kepada siapa ??
    Terimakasih,
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button