Berita

LBM PBNU Balas Kunjungan MTT PP Muhammadiyah, Sepakat Agendakan Acara Bersama


Yogyakarta – Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah menerima kunjungan silaturahmi dari Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Rabu malam, 10 Agustus 2022. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan, setelah pada awal Juni yang lalu MTT PP Muhammadiyah berkunjung ke LBM PBNU di Kramat Raya Jakarta. Rombongan LBM PBNU dipimpin oleh Ketuanya, K.H. Mahbub Ma’afi, datang bersama jajaran LBM PBNU dan LBM PWNU DIY, diterima di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro 23 Yogyakarta. Sementara MTT PP Muhammadiyah sebagai tuan rumah, dipimpin oleh Ketuanya, Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A..
Silaturahmi berjalan dengan penuh keramahan dan kehangatan. Diskusi ringan dan saling tanya jawab berjalan dengan lancar, membicarakan tentang metode istinbat hukum di masing-masing lembaga, baik di MTT PP Muhammadiyah maupun di LBM PBNU. Mahbub Ma’afi menyatakan, bahwa sebenarnya metode yang dilakukan Majelis Tarjih secara prinsip tidak jauh berbeda dengan LBM PBNU, hanya istilahnya saja yang terkadang tidak sama. Dibincangkan pula mengenai perbedaan yang kadang muncul di internal lembaga masing-masing dan bagaimana cara menyikapinya, misalnya perbedaan antara keputusan d tingkat pusat dengan keputusan di tingkat wilayah.
Dalam pertemuan itu disepakati, baik LBM PBNU maupun MTT PP Muhammadiyah menyetujui untuk diadakan pertemuan lanjutan yang lebih serius membahas masalah-masalah keumatan dan kebangsaan, seperti pernah dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button