Prof. Syamsul Anwar Berikan Kuliah Umum di Pembukaan Kuliah Intensif Kader Tarjih Muhammadiyah

  • Page Views 225
  • Yogyakarta – Sabtu, 11 November 2017 bertepatan dengan 22 Safar 1439 H telah diselenggarakan opening ceremony (pembukaan) Kuliah Intensif Kader Tarjih Muhammadiyah (KUNTUM) dan juga public lecture (kuliah umum) bersama Prof. Dr. Syamsul Anwar, M.A di Aula Pusat Tarjih Muhammadiyah, Lantai Dasar Masjid Islamic Center Komplek Kampus 4 UAD Yogyakarta.

    Jumlah peserta yang mendaftar melebihi ekspektasi panitia, di mana pada awalnya hanya diperkirakan sekitar tiga puluh sampai lima puluh peserta yang mendaftar, namun setelah dilakukan publikasi dengan massif oleh pihak panitia, jumlah pendaftar akhirnya mencapai ratusan orang bahkan hampir dua ratus yang ikut mendaftar.

    Para peserta yang mendaftar kuliah intensif kader tarjih ini tidak hanya dari Jogja saja, melainkan banyak juga dari luar Jogja. Seperti Banten, Depok, Tulungagung, Sragen, dan banyak lagi peserta yang datang dari luar Jogja. Bahkan yang paling jauh adalah peserta dari Banjarmasin Kalimantan Selatan.

    Setelah para peserta melakukan registrasi ulang, mereka kemudian diarahkan untuk mengikuti ujian placement test di lantai dua Masjid Islamic Center UAD. Materi yang diujikan adalah Ulumul Quran, Ulumul Hadits, dan Bahasa Arab. Ujian ini bermaksud untuk memetakan, mana peserta yang masih dasar dan mana yang sudah tingkat lanjut. Sehingga mereka yang masih dasar akan mengikuti kuliah intensif dasar, sedangkan yang tingkat lanjut akan mengikuti kuliah intensif dengan materi yang sudah tingkat lanjut. Setelah itu para peserta diarahkan ke Aula Pusat Tarjih Muhammadiyah untuk mengikuti opening ceremony (pembukaan) Kuliah Intensif Kader Tarjih Muhammadiyah (KUNTUM) dan juga public lecture (kuliah umum) bersama Prof. Dr. Syamsul Anwar, M.A.

    Acara pembukaan diawali dengan sambutan dari Kepala Pusat Tarjih Muhammadiyah, Rahmadi Wibowo Suwarno, Lc., M.A., M.Hum. Dalam sambutannya disampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta atas partisipasi dan juga ghirah (semangat) menuntut ilmu untuk menjadi para kader Tarjih Muhammadiyah. Setelah sambutan beliau, dilanjutkan sesi public lecture (kuliah umum) tentang Manhaj Tarjih Muhammadiyah bersama Prof. Dr. Syamsul Anwar, M.A. dengan dipandu oleh moderator Ayub, S.Pd.I., M.A.

    Pada kesempatan ini, Prof. Syamsul Anwar juga menyampaikan cara atau metode Muhammadiyah dalam menentukan suatu hukum yang terkait dengan permasalahan aqidah maupun muamalah. Pada sesi penutupan, Prof Syamsul menghimbau kepada seluruh peserta, untuk tetap menjaga semangat menuntut ilmunya dari awal pembukaan kuliah sampai akhir nanti. *Rma

    Share This Article

    Leave a comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *