BeritaEtalase

Titian Muhibah Tarjih ke Maluku

IMG-20160530-WA0030

Ambon, Maluku – Tim Sosialisasi dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mendarat di Bandara Pattimura tepat pukul 06.15 WIT. Sejuknya udara pagi di Ambon menjadi sambutan hangat dari ibukota provinsi Maluku tersebut. Bersama dengan Bapak Sunari selaku Wakil Sekretaris PWM Maluku kedua perwakilan dari Majelis Tarjih PP Muhammadiyah Dr. Ustadi Hamsah, M.Ag. dan KRT. Drs. H. Ahmad Muhsin Kamaludiningrat diajak menuju Kota Ambon. Waktu yang diperlukan sekitar 40 menit untuk menempuh perjalanan menuju Kota Ambon dari Bandara Pattimura, didalam perjalanan banyak cerita-cerita yang mereka dapatkan dari Bapak Sunari terkait kondisi di kota ini, terutama saat berlangsung konflik agama tahun 2000an yang menelan ribuan nyawa tak berdosa pada waktu itu.

Setelah sampai di Kota Ambon, kedua perwakilan dari Majelis Tarjih tersebut diberikan tempat menginap di sebuah hotel yang bernama Le Green di wilayah pemukiman muslim di kota Ambon yang kebetulan dekat dengan kantor PWM Maluku, Islamic Center Maluku (tempat acara rakerwil PWM Maluku), dan Masjid Raya al-Fatah. Setelah beristirahat sejenak, Tim Sosialisasi dari Majelis Tarjih segera mempersiapkan diri untuk melaksanakan agenda pertama mereka yaitu shalat jum’at di Masjid Raya al-Fatah. Pada kesempatan ini, KRT. Drs. H. Ahmad Muhsin Kamaludiningrat selaku perwakilan dari Majelis Tarjih didaulat untuk memberikan khutbah jum’at. Ada hal menarik dari adat warga muslim disana, dimana dalam tradisi di Maluku, khatib diberi pakaian “kebesaran” berupa jubah, surban, tongkat untuk naik mimbar yang tinggi.

IMG-20160530-WA0028

Setelah selesai shalat jum’at, dimulailah acara ramah tamah dengan takmir masjid yang kebetulan keseluruhannya adalah warga Muhammadiyah sekaligus juga tokoh-tokoh Muhammadiyah Maluku. Pada momen inilah mulai dirasakan suasana keakraban dengan warga muhammadiyah setempat. Di tempat yang terpisah, warga Muhammadiyah yang lainnya sedang mempersiapkan acara di kompleks perguruan Muhammadiyah di daerah Kebung Cengkeh dan Batu Merah untuk acara raker esok pagi.

Sore hari sekitar pukul 15.30 hingga 18.30 WIT, Tim Sosialisasi dari MTT PP Muhammadiyah mulai melaksanakan agenda kedua yang disampaikan oleh Dr. Ustadi Hamsah, M.Ag. yaitu sosialisasi website terbaru milik Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah (http://www.tarjih.or.id) serta materi tentang Manhaj Tarjih dan Produk-produk Majelis Tarjih. Setelah itu acara dilanjutkan oleh KRT. Drs. H. Ahmad Muhsin Kamaludiningrat yang memberikan materi tentang Pedoman Hisab Rukyat. Acara sore hari tersebut berakhir setelah Dr. Ustadi Hamsah, M.Ag. menyampaikan materi yang ketiga yaitu Tuntunan Ramadhan. Pada acara tersebut, Peserta yang hadir adalah pengurus dan sebagian anggota PWM, 2 PDM, pengurus PWA dan sebagian anggota, serta jamaah.

IMG-20160528-WA0002

Sabtu pagi pukul 09.00-13.30 merupakan hari dimana Bapak Ustadi Hamsah dan Bapak Ahmad Muhsin Kamaludiningrat menjadi saksi atas dikukuhkannya pengurus baru Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku dan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Maluku periode 2015-2020. Acara pengukuhan tersebut dilangsungkan di Gedung Islamic Center Maluku. Dr. Tri Hastuti selaku Wakil Ketua PP Aisyiah yang hadir pada acara tersebut diminta untuk membacakan surat pengukuhan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Maluku. Sebelum acara pengukuhan pengurus PWA dilakukan, terlebih dahulu dilangsungkan acara pengukuhan pengurus PWM Maluku. Namun, ada yang menarik pada acara pengukuhan tersebut, dimana pada momen ini, justru Bapak Ahmad Muhsin Kamaludiningrat dari unsur majelis tingkat pusat yang diminta untuk membacakan surat pengukuhan pengurus PWM Maluku. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dipermasalahkan, karena Muhammadiyah merupakan organisasi yang “lentur” dalam hal birokrasi.

Setelah selesai acara pengukuhan, semua hadirin menjadi saksi atas penyerahan tanah hibah dari raja Negeri Wakal ke PWM sejumah 20 hektar untuk Kampus UNIMA (Universitas Muhammadiyah Maluku) dan RS Muhammadiyah Maluku. Acara ini sekaligus mengakhiri rangkaian acara pada hari sabtu pagi hingga siang di Gedung Islamic Center Maluku. Sore hingga malam acara dilanjutkan untuk mengenalkan Tim Sosialisasi dari MTT PP Muhammadiyah dengan para Pengurus baik dari AUM maupun dari Pimpinan Muhammadiyah dan Ortom Muhammadiyah setempat.

IMG-20160530-WA0023

Hari terakhir kunjungan ke Maluku, Tim Sosialisasi dari MTT PP Muhammadiyah diberi kesempatan oleh panitia lokal untuk menikmati indahnya kota-kota di Maluku yang “eksotik” dengan berbagai macam kondisi masyarakat disekitarnya yang memiliki nilai historis serta menarik apabila dikaji dari sisi sosial, politik, dan budaya. Begitu nikmatnya perjalanan kali ini hingga tak terasa waktu sudah sore yang berarti saatnya Tim Sosialisasi dari MTT PP Muhammadiyah untuk bergegas menyiapkan diri meninggalkan Kota Manise ini dan berpamitan dengan warga Muhammadiyah setempat serta panitia lokal dari PWM Maluku yang sudah membantu mensukseskan acara Sosialisasi Ketarjihan dan Paham Hisab Muhammadiyah yang insyaallah akan menjadi agenda rutin tahunan MTT PP Muhammadiyah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button