MTT PP MUHAMMADIYAH SOSIALISASIKAN PRODUK-PRODUK TARJIH DI BALIKPAPAN & SAMARINDA

  • Page Views 427
  • Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah selalu melakukan roadshow ke beberapa wilayah menjelang bulan Ramadhan untuk mensosialisasikan produk-produk ketarjihan. Tahun 2018 ini, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Timur menjadi tempat kedua yang dikunjungi oleh perwakilan dari MTT PP Muhammadiyah setelah sebelumnya ada PWM Kepulauan Riau yang juga dikunjungi oleh delegasi dari MTT PP Muhammadiyah.

    Kunjungan ke PWM Kalimantan Timur ini dilakukan selama kurang lebih tiga hari mulai dari 4 Mei s.d. 6 Mei 2018. Adapun anggota MTT PP Muhammadiyah yang diutus untuk mengunjungi wilayah Kaltim ini adalah Dr. H. M. Khaeruddin Hamsin, Lc. LL.M. dan H. Aly Aulia, Lc. M.Hum. Kedua utusan ini sampai di Bandara Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan pada hari Jum’at 4 Mei 2018 sekitar pukul 09.40 WITA. Sesampainya di sana, dari pihak panitia lokal langsung mengantarkan mereka ke Kantor PDM Balikpapan untuk transit dan perkenalan singkat serta ramah tamah. Menjelang shalat Jum’at, dari panitia lokal meminta agar kedua utusan dari MTT PP Muhammadiyah bisa menjadi khatib shalat jum’at di dua masjid Muhammadiyah yang ada di Balikpapan. Dr. H. M. Khaeruddin Hamsin, Lc. LL.M. bertugas menjadi khatib di Masjid Tarbiyah dan H. Aly Aulia, Lc. M.Hum bertugas menjadi khatib di Masjid Al-Furqan .

    Seusai shalat Jum’at, para utusan dari MTT PP Muhammadiyah dijamu makan siang oleh Pimpinan PDM Balikpapan dan MTT PDM Balikpapan. Sekitar pukul 14.00 WITA, Bp. Khaeruddin Hamsin dan Bp. Aly Aulia dipersilahkan menaiki kendaraan bersama dengan dua orang perwakilan dari PDM Balikpapan menuju ke Samarinda guna melanjutkan agenda sosialisasi berikutnya.

    Selama di Samarinda, kegiatan sosialisasi ketarjihan berlangsung di tiga tempat yaitu di Pondok Pesantren Al-Istiqamah, Masjid PDM Samarinda, dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Materi-materi yang disampaikan meliputi Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Produk-produk Ketarjihan (Fatwa-fatwa dan Tuntunan), serta Pedoman Hisab Muhammadiyah. Acara Sosialisasi diawali dari Ponpes Al-Istiqamah pada hari Jum’at 4 Mei 2018 dilanjutkan pada Sabtu pagi 6 Mei 2018 di Masjid PDM Samarinda untuk Kuliah Subuh kemudian disambung lagi acara di Ponpes Al-Istiqamah hingga Sabtu malam. Pada Ahad pagi 6 Mei 2018 setelah memberikan kuliah subuh di Masjid PDM Samarinda, delegasi dari MTT PP Muhammadiyah diantarkan oleh panitia lokal ke Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur untuk melakukan sosialisasi ketarjihan di sana. Acara di UM Kalimantan Timur dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, dan Pimpinan Muhammadiyah Kalimantan Timur, kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00.

    Alhamdulillah, acara sosialisasi mendapatkan respon positif. Bahkan mereka meminta agar kegiatan semacam ini diadakan secara rutin, minimal setahun sekali sebab dirasa sangat bermanfaat dan mencerahkan.

    Share This Article

    Leave a comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *