PP Muhammadiyah Resmikan Rumah Tarjih di Kauman

  • Page Views 1460
  • PP Muhammadiyah Resmikan Rumah Tarjih di Kauman, Yogyakarta

    Yogyakarta – Kamis, 10 Shafar 1438 H / 10 November 2016 M menjadi hari bersejarah di kampung Kauman, Yogyakarta. Bertempat di TK ABA Kauman, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyerahkan Rumah Tarjih secara simbolik kepada Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Serah terima tersebut diwakili oleh Prof. Yunahar Ilyas, Lc. M.A. dari PP Muhammadiyah dan Prof. Syamsul Anwar, M.A. dari MTT PP Muhammadiyah. Acara pada malam itu dihadiri oleh kurang lebih 100 orang yang merupakan tamu undangan baik dari warga Kauman sendiri maupun dari Pimpinan Muhammadiyah setempat.

    Kampung Kauman merupakan tempat yang bersejarah bagi Persyarikatan Muhammadiyah. Oleh karena itu dahulu banyak tokoh-tokoh Muhammadiyah yang bertempat tinggal di kampung Kauman. Bahkan K.H. Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri organisasi Persyarikatan Muhammadiyah, juga lahir di kampung Kauman, Yogyakarta. Namun, dalam beberapa dasawarsa ini sangat jarang kita temui tokoh-tokoh Muhammadiyah yang tinggal di kampung Kauman, kebanyakan mereka tinggal di luar Kauman. Sehingga dengan tidak adanya tokoh Muhammadiyah yang tinggal di Kauman, dikhawatirkan nantinya akan berdampak pada menurunnya semangat warga muslim setempat dalam mengembangkan Islam Berkemajuan di Kauman, Yogyakarta.

    Berawal dari kekhawatiran tersebut, kemudian Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengusulkan kepada PP Muhammadiyah untuk dicarikan rumah bagi tempat tinggal ulama tarjih di kampung Kauman nanti. Alhamdulillah, atas kerjasama PP Muhammadiyah dan PT. Mentari Prima Karsa, keinginan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah untuk memiliki Rumah Tarjih berhasil terwujud. Meski harus menunggu waktu cukup lama untuk proses renovasi, namun berkat kerjasama semua pihak akhirnya Rumah Tarjih siap untuk dihuni.

    Sedangkan untuk ulama yang akan ditempatkan di Rumah Tarjih tersebut, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah memutuskan untuk menunjuk Ust. Mukhlis Rahmanto, Lc. M.A. (Sekretaris Divisi Kajian Ekonomi Syariah MTT PP Muhammadiyah) sebagai ulama yang akan menghuni Rumah Tarjih. Selain Ust. Mukhlis Rahmanto, nantinya Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah juga akan menempatkan beberapa orang thalabah dari Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) untuk menghuni Rumah Tarjih bersama dengan Ust. Mukhlis Rahmanto dengan tujuan agar bisa membantu memudahkan Ust. Mukhlis Rahmanto dalam menjalankan fungsinya sebagai Ulama Tarjih di Kauman, terutama dalam hal-hal yang bersifat tekhnis karena menurut Prof. Syamsul Anwar dalam sambutannya di awal acara, “tugas utama Ust. Mukhlis disini nanti adalah untuk membimbing masyakat dan mengisi pengajian, dengan tujuan menjaga Kauman agar tetap pada spirit Islam berkemajuan dan bukan sebagai pelakasana tekhnis di lapangan”.

    Acara Serah Terima Rumah Tarjih ini diakhiri dengan peninjauan langsung ke dalam rumah tersebut oleh Prof. Yunahar Ilyas selaku perwakilan dari PP Muhammadiyah bersama-sama dengan tamu undangan yang hadir pada acara tersebut. *rama

    Share This Article

    Leave a comment

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *