Berita

Ulama Muhammadiyah & NU Jalin Silaturahmi di Jakarta

Jakarta – Beberapa tahun terakhir ini terasa jarang kita lihat acara-acara formal yang mempertemukan para ulama Muhammadiyah dan NU untuk sekedar saling bersilaturahmi bukan untuk saling beradu argumen mengenai hasil pemikiran atau produk masing-masing lembaga. Akan tetapi hal berbeda nampak pada Sabtu siang, 4 Juni 2022. Bertempat di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jl. Kramat Raya No.164 Jakarta, menjadi momentum langkah awal jalinan silaturahmi secara formal kelembagaan antara ulama Muhammadiyah dan NU yang dalam hal ini diwakili oleh Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah dan Lembaga Bahsul Masail (LBM) PBNU.

Hadir pada acara silaturahmi tersebut Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A. (Ketua MTT PP Muhammadiyah) beserta perwakilan pengurus MTT PP Muhammadiyah; Drs. H. Fahmi Muqoddas, M.Hum. (Wakil Ketua), H. M. Khaeruddin Hamsin, Ph.D. (Wakil Ketua), Mohammad Mas’udi, M.Ag. (Sekretaris), Atang Sholihin, M.S.I. (Wakil Sekretaris), Dr. H. Sopa (Wakil Sekretaris), H. Thonthowi, M.Hum. (Wakil Bendahara), Dr. H. Fuad Zein (Ketua Div. Fatwa), H. Supriatna, M.Si. (Sekretaris Div. Fatwa). Sedangkan perwakilan dari LBM PBNU selaku tuan rumah pada acara tersebut adalah K.H. Mahbub Maafi (Ketua LBM PBNU), Nyai Hj. Alai Nadjib (Sekretaris), dan Alhafidz Kurniawan (Wakil Sekretaris).

Perbincangan pada siang itu terasa sejuk dan penuh candaan bagai obrolan di sebuah keluarga. Forum silaturahmi ini murni bertujuan untuk saling bertukar informasi umum mengenai lembaga masing-masing guna menjaga ukhuwah islamiyah antar sesama umat Muslim di Indonesia. Beberapa masalah sosial-keagamaan terkini tentu juga tak luput dari obrolan pada siang hari itu seperti vaksin, penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, pernikahan, hingga money politics. Tujuannya untuk saling bertukar pandangan dan informasi agar lebih memahami situasi terkini di masyarakat terkait problematika tersebut.

Sekitar pukul 14:55 WIB acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh H. Fahmi Muqoddas, M.Hum., kemudian dilakukan serah terima kenang-kenangan dari MTT PP Muhammadiyah ke LBM PBNU begitupun sebaliknya serta prosesi foto bersama. Direncanakan ke depan nanti akan berlanjut forum silaturahmi ini untuk semakin memperkuat ukhuwah antar kedua lembaga fatwa milik ormas Islam terbesar di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button