Besok Gerhana Matahari Cincin Melewati Sebagian Permukaan Bumi

  • Page Views 2386
  • Besok Gerhana Matahari Cincin Melewati Sebagian Permukaan Bumi

    Gerhana matahari adalah tertutupnya piringan matahari oleh Bulan jika dilihat dari bumi karena Bulan pada saat itu berada persis di antara matahari dan bumi. Akibatnya beberapa kawasan tertentu di muka bumi tidak terkena sinar matahari dan itulah gerhana matahari.

    Piringan matahari yang tertutup oleh Bulan ada kalanya tertutup keseluruhannya sehingga keadaan muka bumi menjadi lebih gelap seperti senja, suhu udara menjadi lebih dingin dan terlihat bintang-bintang jika tidak ada awan. Keadaan ini disebut gerhana total (al-kusῡf al-kullī). Tetapi ada kalanya sebagian saja dari piringan matahari yang tertutupi oleh Bulan. Ini dinamakan gerhana matahari sebagian (al-kusῡf al-juz’ī). Di samping itu ada kalanya bagian tengah saja piringan matahari yang ditutupi oleh piringan Bulan sehingga bagian pinggirnya atau tepi piringannya tidak tertutup. Hal itu terjadi bilamana bumi berada dalam keadaan jauh dari bulan sehingga piringan Bulan nampak lebih kecil tidak dapat menutupi seluruh piringan matahari dilihat dari muka bumi. Keadaan ini dinamakan gerhana cincin (al-kusῡf al-ḥalqī) karena bagian pinggir piringan matahari yang tidak tertutupi oleh piringan Bulan berbentuk lingkaran seperti cincin.

    Kamis 29 Dzulqa’dah 1437 H atau 1 September 2016 M, Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terlihat di beberapa wilayah di bumi ini. Hal ini didasarkan pada hasil hisab oleh Majelis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyah yang dimuat di kalender Muhammadiyah 2016 terbitan Suara Muhammadiyah. GMC tersebut melewati wilayah Samudra Atlantik, Afrika Tengah, Madagaskar, dan Laut India. Gerhana sebagian melewati Benua Afrika dan Samudera India. Berikut rincian hasil perhitungan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah,

    Gerhana Sebagian Mulai   : 14:17:50 WIB                 Gerhana Cincin Berakhir      : 17:53:01 WIB

    Gerhana Cincin Mulai       : 14:20:37 WIB                 Gerhana Sebagian Berakhir  : 17:55:54 WIB

    Tengah Gerhana                 : 16:06:54 WIB                 Durasi Gerhana                       : 03 menit 06 detik

    Dikarenakan Gerhana Matahari Cincin tidak melewati wilayah Indonesia, maka tidak disunnahkan untuk melakukan sholat kusuf (sholat gerhana) bagi umat muslim di Indonesia.

     

    Sumber: 

    • Kalender Muhammadiyah 2016 dicetak oleh Suara Muhammadiyah.
    • Buku Pedoman Hisab Muhammadiyah terbitan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah tahun 1430 H / 2009 M.

    Share This Article

    Leave a comment

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *