MTT PPM Kunjungi Riau dalam Rangka Sosialisasi Ketarjihan 1438 H

  • Page Views 563
  • Pekanbaru – Salahsatu agenda wajib Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah setiap tahun menjelang bulan Ramadhan adalah Kunjungan dan Sosialisasi Ketarjihan di beberapa provinsi di Indonesia. Tentunya dalam kegiatan ini, MTT PP Muhammadiyah juga melibatkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah setempat guna memperlancar proses sosialisasi. Seperti biasa, perwakilan dari MTT PP Muhammadiyah kali ini juga mengutus dua orang untuk mengunjungi wilayah Riau. Kedua utusan tersebut adalah Ust. Ruslan Fariadi AM, S.Ag., M.S.I. (Sekretaris Divisi Kaderisasi dan Organisasi MTT PPM) dan Ust. H. Mukhlis Rahmanto, Lc. M.A. (Sekretaris Divisi Kajian Ekonomi Syariah MTT PPM). Kunjungan dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 5 Mei hingga 7 Mei 2017.

    Utusan dari MTT PP Muhammadiyah tiba di Pekanbaru Riau pada hari jum’at 5 Mei 2017 sekitar pukul 10.15 WIB dan langsung diantar menuju kantor PWM Riau yang berada di komplek Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Setelah transit sejenak di kantor PWM Riau, mereka berdua diminta untuk menjadi khatib dan imam shalat jum’at. Ust. Ruslan Fariadi diminta untuk menjadi imam dan Khatib di Masjid Agung yang berada di Komplek UMRI, sedangkan Ust. Mukhlis Rahmanto diminta menjadi khatib dan imam di Majid At-Taqwa di kota Pekanbaru-Riau.

    Pada Malam harinya (mulai ba’da Isya’) dilaksanakan pembukaan Acara dan Ta’ruf antara Pengurus PWM Riau, Rektor UMRI, panita dan peserta yang berasal dari 12 PDM se-Provinsi Riau. Dalam acara pembukaan tersebut melalui sambutannya, Ketua PWM Riau Drs. H. Wan Abu Bakar, M.S.I. mengatakan jika produk tarjih sangat banyak namun banyak yang belum diketahui oleh masyarakat. Dikarenakan Majelis Tarjih merupakan ruhnya Muhammadiyah, maka kehadiran utusan MTT PPM di Riau ini sangat diharapkan dapat memberikan pemahaman yang benar tentang MTT dan produknya. Pada waktu yang sama Dr. Mubarak selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Riau di dalam sambutannya menuturkan jika UMRI sangat senang dengan setiap kegiatan Muhammadiyah, terlebih lagi kegiatan yang dilaksanakan oleh MTT PPM, karena itu UMRI siap memfasilitasi kegiatan MTT ini.

    Acara pada hari pertama kunjungan lebih banyak diarahkan pada sharing dan tanya jawab antara jamaah dengan narasumber dari MTT PPM. Beberapa keluhan dari jamaah yang diutarakan pada acara ta’aruf ini seperti banyaknya warga Muhammadiyah yang eksodus/berpindah ke kelompok ormas Islam lain, banyak yang belum faham tentang manhaj dan produk tarjih, mereka berharap MTT PPM dan PWM untuk banyak roadshow atau turun ke masyarakat dalam rangka sosialisasi dan kajian ketarjihan untuk mengimbangi kegiatan kelompok ormas Islam tertentu dan memahamkan warga Muhammadiyah. Dalam sesi ta’aruf ini, masyarakat sangat antusias dan memberikan banyak pertanyaan untuk dibahas pada sesi selanjutnya.

    Pada Hari kedua diadakan kajian interaktif, bahkan layaknya semi pelatihan dengan beberapa materi dengan durasi waktu 3 jam untuk masing-masing materi. Materi tersebut, yaitu; Faham Agama dalam Muhammadiyah, Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Aplikasi Manhaj Tarjih dalam Peroalan Kontemporer, dan yang terakhir adalah Sosialisasi Produk-produk Tarjih. Materi Paham Agama dalam Muhammadiyah disampaikan oleh Ruslan Fariadi AM, S.Ag., M.S.I. materi ini membahas tentang berbagai aspek, seperti penerapannya baik dalam bidang akidah, ibadah, maupun mu’amalah dengan memperbanyak sesi tanya jawab dan dialog. Materi kedua tentang Manhaj Tarjih Muhammadiyah disampaikan oleh H. Mukhlis rahmanto, Lc., M.Hum dimana didalamnya dibahas mengenai manhaj tajih, aplikasinya dalam masalah akidah, ibadah, mu’amalah dan lebih khusus lagi tentang faham hisab Muhammadiyah Materi kedua ini juga disertai sesi tanya jawab yang cukup panjang. Materi ketiga mengenai Aplikasi Manhaj Tarjih dalam Peroalan Kontemporer mengulas lebih banyak tentang cara berijtihad, berfatwa dan merumuskan putusan dalam berbagai aspek, diantaranya tentang persoalan kontemporer. Kemudian untuk materi terakhir diisi dengan Sosialisasi Produk-produk Tarjih Tarjih baik yang bersifat wacana, fatwa maupun Putusan.

    Pada sesi penutupan saat hari ketiga (hari terakhir kunjungan) ketua MTT PWM Riau, Dr. Afrizal Nur menyampaikan dalam sambutannya tentang penghargaan kepada MTT PPM dan menyatakan kesiapan mereka untuk melaksanakan Training of Trainers Kader Tarjih setelah Idul Fitri tahun ini. Setelah selesai sesi penutupan dilanjutkan dengan serah terima kenang-kenangan dari MTT PPM untuk PWM Riau dan kemudian foto bersama.

    Share This Article

    Leave a comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *