Sambut Ramadhan 1438 H, Majelis Tarjih PP Muhammadiyah adakan Coaching Pendalaman Materi Ketarjihan

  • Page Views 1500
  • Sambut Ramadan 1438 H, Majelis Tarjih PP Muhammadiyah adakan Coaching Pendalaman Materi Ketarjihan

    Yogyakarta – Kurang lebih satu bulan lagi umat muslim di seluruh penjuru dunia akan memasuki bulan suci Ramadan, dimana menurut hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, tanggal 1 Ramadan 1438 H akan jatuh pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017. Biasanya setelah memasuki bulan Ramadan, tidak sedikit umat muslim di Indonesia yang masih sering bertanya-tanya mengenai tuntunan ibadah di bulan Ramadan khususnya warga Muhammadiyah sendiri. Untuk menyebutkan beberapa contoh pertanyaan yang diajukan, misalnya terkait dengan status salat tarawih. Di antara warga Muhammadiyah ada yang beranggapan bahwa salat tarawih adalah bidah, ada pula yang karena pengaruh paham lain ikut mempercayai bahwa salat tarawih 11 rakaat tidak ada dasar syar’inya, dan berbagai permasalahan lainnya. Terkait dengan persoalan penentuan awal bulan hijriah,  masih ada warga Muhammadiyah yang belum memahami argumentasi baik dari sudut pandang astronomi, syar’i dan fikih di balik penggunaan hisab yang diyakini oleh Muhammadiyah. Tidak jarang hal tersebut mengakibatkan keraguan dan kebingungan pada saat terjadi perbedaan.

    Dalam rangka merespons permasalahan tersebut, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah bermaksud melakukan pendalaman materi ketarjihan pada hari Ahad, 9 April 2017. Pendalaman materi ini akan difokuskan pada tiga aspek, yaitu: mengenai permasalahan ibadah mahdhah di bulan Ramadan, paham hisab Muhammadiyah dan paham keagamaan Muhammadiyah (Manhaj Tarjih Muhammadiyah). Dengan pendalaman materi ini diharapkan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di masyarakat seperti dijelaskan di atas dapat lebih mudah terjawab.

    Acara tersebut rencananya akan bertempat di Pusat Tarjih Muhammadiyah Komplek Islamic Center UAD, Jalan Ringroad Selatan Giwangan Yogyakarta, dimulai pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB. Beberapa yang diundang dalam acara ini adalah Majelis Tarjih dan Tajdid Tingkat Pusat, Wilayah, dan Daerah se-Yogyakarta dan sekitarnya, Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Majelis Tabligh PP Aisyiyah, serta Majelis/Lembaga Tingkat Pusat dan Ortom-ortom Muhammadiyah tingkat Wilayah. Bagi warga Muhammadiyah yang ingin menyaksikan acara ini bisa dengan streaming di channel YouTube Televisi UAD.

    Share This Article

    Leave a comment

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *