BeritaEtalase

Kunjungi Gorontalo, Tim Sosialisasi MTT PP Muhammadiyah Disambut Langsung oleh Bapak Bupati

Gorontalo – “Kehadiran MTT PP Muhammadiyah sebenarnya sudah sangat lama dinanti oleh warga Muhammadiyah. Banyak problem keagamaan yang muncul dan membutuhkan pemahaman argumentasi syar’i terutama dari MTT PP Muhammadiyah ……” itulah sedikit kutipan dari sambutan yang diberikan oleh Ketua PWM Gorontalo, Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd pada acara yang diselenggarakan atas kerjasama Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Gorontalo di Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Tahun ini memang wilayah Gorontalo menjadi tempat yang dijadwalkan akan dikunjungi oleh Tim Sosialisasi MTT PP Muhammadiyah, sedangkan dari panitia lokal setempat sudah menjadwalkan untuk menerima kehadiran rombongan Majelis Tarjih di Gorontalo pada tanggal 3-5 Juni 2016. Ada beberapa lokasi yang disiapkan untuk acara sosialisasi tersebut seperti Hotel Sumberia, UM Gorontalo, dan beberapa lokasi lainnya.

IMG-20160603-WA0009

IMG-20160603-WA0008

Hotel Sumberia menjadi lokasi pertama yang disiapkan oleh panitia lokal untuk acara sosialisasi pada hari Jumat 3 Juni 2016. Bapak Drs. H. Dahwan, M.Si. menjadi narasumber pada acara tersebut dengan menyampaikan materi tentang Fikih Thaharah dan Fikih Shalat. Acara di Hotel Sumberia ini dihadiri oleh warga Muhammadiyah dengan jumlah kurang lebih 60 orang yang terdiri dari PWM Gorontalo serta PDM dan PCM se-Gorontalo yang dimulai pada pukul 08.00 – 17.30 WIT.

Pada sabtu pagi sekitar pukul 08.00 WIT, beberapa PDM yang sebelumnya tidak sempat hadir di Hotel Sumberia, menyempatkan diri untuk datang ke Gedung Serbaguna UM Gorontalo guna mengikuti acara sosialisasi dari MTT PP Muhammadiyah. Gedung Serbaguna disediakan oleh UM Gorontalo selaku AUM di wilayah tersebut untuk menerima kunjungan dari Tim Sosialisasi MTT PP Muhammadiyah sekaligus menjadi lokasi kedua untuk mengadakan acara sosialisasi. Turut hadir di lokasi tersebut Ketua PWM & PWA Gorontalo, Rektor dan jajarannya, seluruh dosen, serta karyawan UM Gorontalo. Sosialisasi berlangsung dari pukul 08.00 – 17.00 dengan jumlah peserta yang hadir mencapai 200 orang.

Sambutan dari ketua PWM Gorontalo Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Rektor UM Gorontalo Prof. Dr. Nelson Pomalingo, M.Pd. menjadi pembuka pada acara tersebut. Melalui sambutannya, Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd mengatakan bahwa argumentasi dari MTT PP Muhammadiyah sangatlah diperlukan oleh warga Muhammadiyah setempat terkait penentuan awal bulan Hijriyah yang sering menjadi salah satu problem keagamaan, sehingga dengan kehadiran MTT PP Muhammadiyah di Gorontalo bisa memotivasi PWM agar lebih semangat dalam melakukan kajian-kajian keagamaan.

Komitmen yang luar biasa untuk acara ini juga disampaikan dari pihak UM Gorontalo yang diwakili langsung oleh Prof. Dr. Nelson Pomalingo, M.Pd. selaku rektor, melalui sambutannya yang telah dikutip dibawah ini;

“Hari ini saya banyak agenda, tapi sudah saya delegasikan kepada staf-staf saya, dan saya siap mengikuti acara ini sampai selesai karena acara ini adalah acara yang langka. Maka saya himbau kepada semua, mari kita manfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya untuk menggali ilmu bersama Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah”

Melalui kutipan diatas, Prof. Dr. Nelson Pomalingo, M.Pd. nampak sangat antusias untuk mengikuti acara tersebut. Mengingat posisi beliau yang tidak hanya sebagai seorang rektor namun juga seorang Bupati di Kabupaten Gorontalo, rela untuk meluangkan waktunya demi mengikuti acara yang diadakan oleh Majelis Tarjih Tingkat Pusat ini menunjukkan betapa peran dakwah Muhammadiyah sangatlah ditunggu-tunggu oleh warga setempat demi kemaslahatan umat.

IMG-20160604-WA0008

Ada enam materi yang disampaikan oleh Bapak Drs. H. Dahwan, M.Si. dan Bapak Mohamad Dzikron, Lc. M.Hum. selaku Tim Sosialisasi MTT PP Muhammadiyah, yaitu Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Fikih Ramadhan, Fikih Thaharah dan Fikih Shalat, Paham Hisab Muhammadiyah, Pengenalan PUTM, dan Pengenalan Website Terbaru Majelis Tarjih. Oleh karena waktu yang bertepatan, maka acara di UM Gorontalo kali ini dibarengkan dengan acara Baitul Arqam UM Gorontalo.

IMG-20160604-WA0021

Malam harinya seusai acara di UM Gorontalo, Tim Sosialisasi MTT PP Muhammadiyah juga diminta untuk menyampaikan tausiyah dalam acara pelantikan PCM dan PCA Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo, sekaligus pengajian Isra’ Mi’raj dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Pada kesempatan ini, Bapak Drs. H. Dahwan, M.Si. yang diminta untuk menyampaikan tausiyah kepada jamaah pengajian di Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

IMG-20160604-WA0022

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button