Sosialisasi Produk Tarjih di Negri Laskar Pelangi

  • Page Views 995
  • Pangkal Pinang – Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan kunjungan silaturrahmi dan sosialisasi produk tarjih ke Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kunjungan yang berlangsung selama tiga hari dari 13 Mei – 15 Mei 2016 tersebut, MTT Pusat diwakili oleh dua utusan,  H. Endang Mintarja, S.Ag. M.Ag dan Dr. H. Sopa, M. Ag.

    Delegasi Majelis Tarjih tiba pada hari Jumat dan langsung diamanahi menjadi khatib Jumat. Ust Sopa di Masjid Muhajirin Pangkal Pinang dan  Ust Endang berkhutbah di Masjid Baitul Ummah Sungailiat. Agenda hari pertama dilanjutkan dengan sosialisasi Fikih Hisab Muhammadiya dihadiri sekitar 100 orang pengurus masjid serta masyarakat umum.

    Agenda lain yang dilakukan adalah kajian Fikih Ramadan dan masa’il fiqhiyah di STKIP Muhammadiyah Pangkal Pinang pada hari Sabtu 14 Mei 2016. Acara ini berlangsung dari pagi pukul 08.00 hingga menjelang sore jam 15.30. Sayangnya peserta yang hadir tidak semeriah sosialisasi hisab sebab bertepatan dengan agenda lain dari pengurus Muhammadiyah dan Aisyiyah setempat. Utusan Majelis Tarjih PP Muhammadiyah juga berkesempatan menyampaikan tuntunan penyelanggaraan kegiatan Ramadan dan pengelolaan zakat di Masjid Muhajirin Pangkal Pinang pada malam harinya.

    Selain melakukan agenda-agenda sosialisaisi dan penyamaan visi seputar masalah-masalah ketarjihan, delegasi juga menyempatkan diri menikmati kuliner dan keindahan pantai-pantai di provinsi yang terkenal dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi tersebut. Julukan itu merujuk ke novel laris karya novelis Andrea Hirata yang mengisahkan perjuangan murid-murid di sebuah SD Muhammadiyah di Babel. Dari diskusi dengan pengurus Muhammadiyah setempat pula, diketahui bahwa perjuagnan dakwah persyarikatan di Babel saat ini masih fluktuatif.

    “Dinamika Muhammadiyah di Babel menurut laporan cukup lambat bahkan mundur, termasuk bidang dakwah dan pendidikan . (Meski demikian) situasi terakhir mendapat stimulan dari bergeliatnya STKIP Muhammadiyah.” Demikian papar Ust Endang Mintarja selaku delegasi MTT Pusat, “Walaupun begitu pelayanannya top bangetSambungnya berkelekar.

    Semoga kunjungan pengurus Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke kepulauan Babel kali ini turut mendorong semangat dakwah dan kajian keislaman warga persyarikatan setempat. (ay)

    delegasi MTT Pusat di Prov Kep. Bangka Belitung

    delegasi MTT Pusat di Prov Kep. Bangka Belitung

    Share This Article

    Leave a comment

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *